5 Fakta Unik tentang Jose Mourinho

Share

Halo Sobat Nimo!

Source: Daily Post

Musim baru liga-liga di Eropa akan dimulai tidak lama lagi. Beberapa tim sudah bergerak dalam melakukan perombakan. Ada yang melakukan jual-beli pemain dan ada pula yang melakukan pergantian pelatih karena tidak puas dengan performa tim di musim sebelumnya.

Nah ternyata Sobat Nimo, ada lho, pelatih ternama yang menjelang musim baru ini, belum mendapatkan kesempatan untuk melatih klub manapun. Jose Mourinho adalah salah satunya. Hingga saat ini, Jose Mourinho belum melatih lagi sejak dipecat oleh Manchester United. Oleh karena itu, kali ini, Animoku akan membahas berbagai fakta unik mengenai pelatih asal Portugal tersebut.

 

Seorang Pelatih yang Menguasai 6 Bahasa

Source: Viva

Lahir di Setubal, Portugal, pada tanggal 26 Januari 1963, pelatih yang lahir dengan nama Jose Mario Dos Santos Mourinho ini, sudah sangat berpengalaman dalam melatih berbagai klub di berbagai negara di Eropa. Oleh karenanya, Mourinho dikenal fasih dalam berbicara enam bahasa, yakni bahasa Inggris, Spanyol, Italia, Portugis, Katalan, dan Perancis.

 

Pesepak Bola yang Biasa Saja saat Muda, Tetapi Sangat Cemerlang saat Melatih

Jose Mourinho dan Seorang Analis (source: Four Four Two)

Semasa muda, Mourinho pernah bermain bagi klub lokal Portugal dan memiliki performa yang biasa saja. Namun karirnya sebagai pelatih cukup cemerlang. Karir melatihnya dimulai dengan menjadi Asisten Manajer Louis Van Gaal bersama Pep Guardiola. Nama Mourinho melejit setelah membawa klub Porto menjuarai Liga Champions dan mencetak prestasi treble. Mourinho juga sukses membuat Inter Milan menyabet prestasi yang sama, yakni treble dan membawa pulang piala Liga Champions. Menurutnya, Inter Milan adalah klub terbaik yang pernah dilatihnya. Setelah itu, Mourinho pun mulai dipanggil media sebagai The Special One.

 

Keluar dari Sekolah Bisnis dan Pernah Ditangkap Polisi karena Anjing

Dukungan Fans Chelsea untuk Kasus Anjing Mourinho (source: A Blue Heart)

Mourinho muda rupanya pernah masuk sekolah bisnis. Namun karena ia merasa tidak cocok dan ingin mengejar passion-nya dalam melatih tim sepak bola, akhirnya Mourinho memutuskan untuk keluar dari sekolah tersebut. Pada tahun 2007, Mourinho juga pernah tersandung masalah hukum, karena anjing peliharannya yang bernama Gullit. Ia berusaha melawan petugas karena tidak ingin anjingnya dikarantina.

 

Menjadi Pandit dengan Bayaran Mahal

Jose Mourinho untuk Bein Sports (source: Bein Sports)

Meski telah dipecat oleh Manchester United, Sobat Nimo masih bisa melihat Mourinho sebelum atau setelah pertandingan. Hal itu dikarenakan Mourinho menjadi pandit untuk Bein Sport. Menurut situs BBC, bayaran Mourinho saat menjadi pandit cukup tinggi, yakni sekitar 120 ribu Poundsterling.

 

Komentator Final Liga Champions bersama Arsene Wenger

Jose Mourinho dan Arsene Wenger (source: Bein Sports)

Wenger dan Mourinho adalah pandit termahal yang dimiliki Bein saat ini. Pertandingan Final Liga Champions adalah ajang pertemuan pertama kedua mantan melatih ini. Mereka berada di dalam satu studio yang sama untuk mengomentari jalannya pertandingan yang mempertemukan mantan tim lawan mereka ketika masih melatih di Liga Inggris, yaitu Liverpool dan Tottenham Hostspur.

 

Itulah pembahasan Animoku tentang fakta-fakta unik Jose Mourinho. Kira-kira di musim baru nanti, ia akan tetap menjadi pandit atau kembali melatih klub lagi ya, Sobat Nimo?

Spesial untukmu...