5 Pesepakbola Asia Tenggara Tersukses di Dunia, 1 dari Indonesia

Share

Animoku – Sobat Nimo, Son Heung Min merupakan pemain berbakat dan menjadi aset besar bagi timnya, Totenham Hotspur. The Lily Whites seakan tak merasa begitu kehilangan striker andalan mereka, Harry Kane yang menderita cedera panjang.

Penyerang bermata sipit mampu membuktikan diri sebagai yang terbaik melalui gol – gol maupun aksi dribelnya, ditambah duet padu bersama Lucas Moura di lini depan.

Jika pemain asal Korea Selatan tersebut telah meraih sukses, mewakili benua Asia yang mampu menaklukkan Eropa, pesepakbola di negeri – negeri berdekatan atau dikenal Asia Tenggara juga memiliki sejumlah bintang lapangan hijau berprestasi gemilang.

Siapa sajakah mereka? Berikut Animoku merangkum 5 pesepakbola Asia Tenggara tersukses di dunia khusus untuk kalian sobat.

Selama bertahun-tahun, dunia sepakbola cenderung dikuasai oleh pemain – pemain dari Eropa dan Amerika Latin saja. Tidak terhitung jumlah pemain kelas dunia yang lahir dari kedua benua tersebut. Sebut saja diantaranya Sang Legenda, Diego Armando Maradona, Batistuta, Ronaldinho, Raul Gonzales, dan masih banyak lagi.

Namun seiring perkembangan persepakbolaan modern, bermunculan talenta – talenta berbakat yang berhasil menuai sukses di liga terbaik dunia di luar kedua benua tersebut, salahsatunya adalah Asia Tenggara.

 

  1. Dennis Buchening
Buchening

Dennis mencoba menaklukkan penjagaan ketat.

Dennis merupakan pemain profesional Asia Tenggara dari orang tua berdarah Thailand dan Jerman. Lahir di sebuah kota bernama Esslingen am Neckar, Buschening menempati posisi striker di klub Liga Jerman, Westfalen Rhynern.

Belum lama merumput di negara kelahirannya, Buschening pindah ke Thailand pada 2013 dan bermain di sana selama empat tahun sebelum kembali ke Jerman untuk bermain di Westfalia Rhynern di Regionalliga hingga detik ini. Ia pun berhak atas kewarganegaraan Thailand, dan berpeluang meraih sukses bersama Tim Gajah Putih.

Kehadirannya menjadi sosok yang patut diwaspadai lawan, mengingat Thailand akan semakin sulit ditaklukkan. Kecepatan dan pengalaman Dennis bermain di Eropa, menjadi daya tambah kepercayaan dini Timnas yang ia perkuat.

 

 2. Marito Marcal 

Marchal

Marito Marchal

Siapa sangka, di negara yang kecil dan miskin, lahir salah satu pesepakbola profesional yang turut mengharumkan nama Asia Tenggara di kancah dunia. Marito Marcal dari Timor Leste, yang kini terus mengasah bakatnya di Irlandia Utara.

Meski baru berusia 16 tahun namun ia telah bergabung bersama klub sekelas Dungannon.

Pemain depan ini menjadi tumpuan harapan kebanggaan Timor Leste agar dapat dilirik dunia Internasional, terutama dalam hal olahraga sepakbola.

 

3. Egy Maulana Vikri

Maulana Vikri

Egy MV

Tak ketinggalan dari Indonesia, di urutan ketiga ada Egy Maulana Vikri, pemain berusia 19 tahun dinobatkan The Guardian sebagai salahsatu dari 60 anak muda paling menjanjikan di dunia.

Kesuksesan Egy bermula ketika bergabung dengan tim Polandia, Lechia Gdansk pada musim panas lalu. Sejak itu, talenta asal Medan, Sumatera Utara, perlahan disorot media Internasional.

Penampilan Si Kaki Kidal dinilai cukup baik meski masih minim jam terbang bersama Tim Utama. Namun saat bermain di tim junior, Egy berhasil mencetak delapan gol dari tujuh pertandingan.

Direkor timnas, pemain yang posisi favoritnya di sisi sayap kanan ini memiliki tiga caps tim senior Indonesia. Namanya mulai mencuat pertama kali saat membela Garuda Muda di Piala Asia U-19. Rekornya untuk tim U-19 tidak bisa dilupakan karena ia menorehkan prestasi cukup gemilang, yakni 15 gol dalam 16 penampilan.

 

4. John-Patrick Strauss

Strauss

John-Patrick Strauss

Namanya mungkin tidak diketahui banyak orang. Kendati demikian, kehadiran pemain satu ini tak bisa dianggap remeh. Dia adalah bintang sepak bola Filipina, John-Patrick Strauss.

John pernah bermain dengan klub Bundesliga, RB Leipzig dan merupakan bagian dari skuat yang mendapat promosi ke divisi pertama dari Liga Jerman. Secara mengejutkan, Klub ini mampu menjadi pesaing terberat Bayern Munich dan Borussia Dortmund. Tim ini jugalah yang diperkuat oleh gelandang Liverpool saat ini, Naby Keita.

Performa John dinilai cukup produktif. Ia tercatat berhasil menyarangkan sembilan gol ke tim lawan di musim 2016/17. Pemain sukses Asia Tenggara ini kemudian melanjutkan karir profesionalnya di Erzgebirge Aue di divisi kedua Bundesliga.

 

5. Neil Etheridge

Neil

Neil Etheridge

Pemain satu ini layak disebut sebagai pemain tersukses se-Asia Tenggara. Hal ini cukup beralasan, mengingat ia dapat beratraksi di lapangan hijau di Liga Premier Inggris. Atlet bertubuh jangkung ini berasal dari orang tua asli Filipina, namun lahir di Enfield, Tottenham, London.

Meskipun hanya memperkuat tim papan bawah, Cardiff City, pria 29 tahun mampu memberikan kontribusi terbaik bagi skuad yang diasuh Neil Warnock kala itu.

Pesepakbola bernama lengkap Neil Etheridge berhasil menyelamatkan dua penalti pada awal musim, yang mengamankan poin krusial untuk bertahan di EPL.

Pertandingan yang sulit dilupakan kala melawan Bournemouth dan Newcastle. Neil dengan sigap menepis bola penalti berturut-turut.

Melihat performanya yang mengilap, publik menaruh harapan besar kepada Etheridge agar mampu membawa negara asal orangtua mereka, Filipina terbang ke prestasi yang lebih tinggi, setidaknya menjuarai Piala AFF.

Nah Sobat Nimo, itulah sederet pesepakbola Asia Tenggara tersukses dan berpotensi menjadi pemain terbaik dunia.

Gimana menurut Sobat, prestasi mereka buat kalian bangga gak sih?

Dany Putra

Intuiting Introvert. Copy Writer. Winning Eleven Maniac era 99 - 2000-an. Menggemari Claudio Lopez & Fernando Torres.

Spesial untukmu...