5 Sekolah Sepak Bola Eropa yang Bersaing di Indonesia

Share

Halo Sobat Nimo!

Seperti yang sudah kita ketahui, Eropa merupakan kiblat dunia sepak bola. Segala trend dan info mengenai sepak bola Eropa sudah menjadi konsumsi hampir seluruh pencinta sepak bola di dunia. Kompetisi yang digelar antar klub baik di tingkat domestik maupun benua, sudah dipastikan akan sengat ditunggu oleh para penggemarnya. Persaingan antar klub raksasa Eropa di lapangan hijau menjadi sangat dinanti.

Namun rupanya persaingan antar klub tersebut tidak hanya terjadi dalam pertandingan. Belakangan, adu sikut tersebut mulai menjalar ke luar Eropa, melalui berdirinya akademi-akademi sepak bola, untuk dapat menjaring talenta muda lapangan hijau. Pendirian akademi sepak bola ini juga dijadikan pemasukan bisnis tersendiri bagi klub. Sebab bagaimana tidak, agar seorang anak dapat bergabung dengan akademi tersebut, orang tua harus merogoh kocek yang cukup, agar nama sang anak dapat masuk ke dalam daftar sekolah sepak bola berstandar Eropa.

Kira-kira, klub mana saja ya, Sobat Nimo, yang membangun bisnis akademi sepak bola dan juga berusaha menjaring talenta muda Indonesia?

 

Arsenal Soccer School Indonesia

Arsenal Soccer School (source: Soccer Camps International)

Arsenal Soccer School Indonesia merupakan salah satu sekolah sepak bola pertama yang memakai kurikulum Eropa. Didirikan sejak 2007, akademi ini berhasil mengirim beberapa lulusannya untuk menjadi pemain profesional. Salah satunya adalah Nicholas Pambudi, murid akademi Arsenal pada tahun 2011-2012, yang saat ini sedang bermain di Yunani. Biaya pendaftaran akademi sepak bola ini adalah sebesar Rp 1.750.000,00, sedangkan biaya akademinya sebesar Rp 2.500.000,00 s.d Rp 3.500.000,00 selama satu bulan, yang terdiri dari 4-8 pertemuan.

 

Liverpool International Academy

Liverpool International Academy (source: Liverpool FC)

Tak mau kalah dengan Arsenal, Liverpool pun mendirikan sekolah sepak bola di Indonesia. Berdiri sejak 2011, sekolah ini memfasilitasi pemain muda dalam rentang usia 6-18 tahun dengan kurikulum pelatihan berstandar klub Inggris. Biaya pendaftarannya adalah sebesar Rp 1.700.000,00, dengan biaya pelatihan sebesar Rp 750.000,00 s.d Rp 1.200.000,00 untuk satu bulan.

 

FC Barcelona Escola Indonesia

FC Barcelona Escola (source: FC Barcelona)

Raksasa Liga Spanyol satu ini mendirikan sekolah sepak bola di Indonesia sejak tahun 2012, tepatnya di Lapangan Sentul, Bogor. Akademi ini termasuk akademi sepak bola yang termahal di Indonesia. Setiap bulannya, para pemain muda tersebut harus membayar hingga Rp 10.000.000,00 untuk mendapatkan pelatihan sepak bola berkurikulum Spanyol.

 

Chelsea Soccer School Indonesia

Chelsea Soccer School (source: Chelsea Soccer School)

Tak mau kalah dengan sesama tetangganya di London, Chelsea pun mendirikan akademi sepak bola di Indonesia. Mendatangkan pelatih yang berpengalaman dari klub Chelsea, sekolah ini mematok harga Rp 1.200.000,00 untuk biaya pendaftaran dan Rp 880.00,00 per sesi latihan berdurasi dua jam.

 

Real Madrid Social School

Real Madrid Foundation & Social School (source: Real Madrid)

Berbeda dengan kebanyakan akademi sepak bola asal Eropa lainnya, Real Madrid membangun beberapa sekolah sepak bola dengan biaya pelatihan gratis. Bahkan mulanya, sekolah ini didirikan di beberapa kota yang pernah mengalami bencana, seperti Aceh yang pernah terkena tsunami dan Jogjakarta yang pernah terkena gempa. Progam sosial ini diharapkan dapat menghilangkan rasa trauma anak-anak dengan memberikan pelatihan sepakbola. Belakangan, hanya di Banjarmasin dan Sidoarjo saja sekolah ini masih berdiri. Kebijakan bebas biaya pun masih diterapkan bagi yang kurang mampu. Bagi yang mampu tetapi ingin bergabung, mereka dikenakan biaya yang cukup terjangkau.

 

Itulah sekolah sepak bola klub bergengsi Eropa yang didirikan di Indonesia. Semoga akademi-akademi ini dapat banyak melahirkan pesepak bola berbakat yang bisa mengharumkan nama Indonesia.

Spesial untukmu...