Bisnis Cristiano Ronaldo vs Bisnis Lionel Messi

Share

Halo Sobat Nimo!

Pesepak bola mega bintang, seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, tentu memiliki penghasilan yang sangat tinggi dari performanya di lapangan hijau. Di musim ini saja, CR7 mendapatkan penghasilan bersih sebesar 21 juta Euro atau setara dengan Rp 335 miliar per tahun. Sedangkan di Spanyol, Messi mendapatkan penghasilan sebesar 35 juta Euro atau setara dengan Rp 559 miliar per tahun. Padahal sebenarnya, Messi mendapatkan penghasilan sebesar 70 juta Euro sebelum dipotong pajak. Tinggi pajak di Spanyol ini juga menjadi faktor yang membuat CR7 memutuskan untuk pindah dari Real Madrid.

Persaingan kedua pemain mega bintang ini tidak hanya terjadi di lapangan hijau. Mereka pun secara tidak langsung berlomba untuk menjadi brand ambassador beberapa produk ternama serta membangun bisnis, yang tentunya menambah penghasilan kedua pemain tersebut.

Penghasilan yang mereka dapatkan dari menjadi brand ambassador ataupun bisnis rupanya setara dengan gaji mereka dari hasil merumput lho, Sobat Nimo! Hal ini tentu akan menjadi back up plan mereka, seandainya mereka memutuskan untuk gantung sepatu suatu hari nanti. Nah, apa saja ya, bisnis yang dimiliki oleh CR7 dan Messi?

 

Bisnis CR7; Parfum

Cristiano Ronaldo Legacy (Source: Youtube)

Sejak tahun 2015, CR7 memiliki sebuah brand parfum bernama Cristiano Ronaldo Legacy, dengan The Debut Fragrance sebagai produk pertamanya. Parfum ini dipersembahkan bagi siapa saja yang menginginkan keharuman bersensasi elegan bagaikan CR7, lho!

 

Bisnis CR7; Fashion

CR7 Denim (Source: The Cut)

Berbisnis di dunia fashion rupanya juga menarik perhatian CR7. Hal itu terbukti dengan beberapa produk fashion yang dimilikinya, seperti produk pakaian dalam pria, celana jeans dengan merek CR7 Denim, blanket, sampai sepatu untuk pria dewasa. CR7 pun memiliki butik sendiri untuk memasarkan produknya di kota kelahirannya, yakni Madeira, serta di Lisbon dan Madrid.

 

Bisnis CR7; Hotel dan Restoran

Pestana CR7 Hotel (Source: Holiday Me)

Bersama perusahaan ternama, yakni Pestana Group Hotel, CR7 memiliki hotel bernama Pestana CR7. Saat ini, CR7 sudah memiliki dua hotel yang dibangun di Madeira dan Lisbon. CR7 juga merupakan investor restoran elit yang bernama Zela. Restoran ini dibangun di dua kota, yaitu Ibiza dan London.

 

Bisnis CR7; Klinik Transplantasi Rambut

Insparya Hair Clinic (Source: Marca)

Bisnis yang satu ini CR7 percayakan kepada kekasihnya, Georgina Rodriguez, untuk menjalankannya. Bisnis ini cukup marak di Eropa, dan klink yang bernama Insparya ini cukup terkenal dalam urusan transplantasi rambut.

 

Bisnis Messi; Perhotelan

Es Vive Hotel (source: Hotel MiM Ibiza)

Sama seperti CR7, Messi memutuskan untuk menginvestasikan dananya di bidang perhotelan. Hotel Es Vive di Ibiza lah yang menjadi pilihannya. Berdiri dengan mewah di tepi pantai, hotel ini sangat ramai akan pengunjung saat high season tiba. Selain Es Vive, sebuah hotel mewah yang juga berada di dekat laut di kota Barcelona pun dibelinya dengan harga 30 juta Euro pada bulan Juni 2017. Hotel itu pun berganti nama menjadi MiM Sitges.

 

Bisnis Messi; Properti

Lahan Pembangunan Proyek Azahares del Parana (Source: Azahares del Parana)

Messi memiliki bisnis properti berupa sebuah perumahan yang dinamakan Azahares del Parana. Perumahan ini didirikan di tempat kelahirannta, yakni di Rosario, Argentina. Nantinya, keuntungan dari bisnis properti ini akan dialirkan langsung ke dompet Messi.

 

Bisnis Messi; Messi Experience Park

Gambaran Messi Experience Park (Source: South China Morning Post)

Usaha Messi yang satu ini tengah dibangun di Cina. Nantinya, Messi Experience Park akan menjadi salah satu taman hiburan terbesar di Cina.

 

Sayangnya, beberapa waktu lalu, Messi sempat tersandung masalah Panama Papers. Panama Papers adalah dokumen yang berisi daftar kalangan-kalangan elit seperti pemerintah, politikus, selebritis, hinggal atlet ternama yang berupaya untuk mendirikan perusahaan fiktif demi menghindari pajak. Messi dan ayahnya diduga mendirikan perusahaan fiktif untuk menghindari pajak. Namun Messi membantah rumor tersebut di tahun 2016.

Seperti yang sudah kita ketahui, pajak pesepak bola di Spanyol sangatlah tinggi, bahkan hampir separuh dari penghasilan mereka. Hal itu membuat CR7 dan Messi diduga pernah terlibat dalam persoalan pajak, yang membuat mereka harus menjalani pemeriksaan.

Sobat Nimo yang sudah punya penghasilan adalah orang yang taat pajak kan?

Spesial untukmu...