Fantastis! Nilai-Nilai Hak Siar Liga Eropa dan Indonesia

Share

Halo Sobat Nimo!

Sepak bola memang olahraga yang paling disukai banyak orang. Penontonnya pun datang dari berbagai kalangan dan penjuru dunia. Hal itu tentu membuat kontrak penayangan pertandingan sepak bola itu sendiri menjadi sangat mahal. Terlebih liga-liga di Eropa lho, Sobat Nimo!

Oleh karena itu, kali ini, Animoku akan membahas tentang besarnya biaya hak siar liga-liga bergengsi di Eropa, sekaligus nilai kontrak hak siar di Indonesia.

 

Hak Siar Liga Inggris

Manchester City (source: Sporting Life)

Liga yang satu ini memiliki nilai kontrak hak siar tertinggi di dunia. Saat ini, Liga Premier tengah bekerja sama dengan Sky Sport, BT Sport, serta Amazon untuk menyiarkan secara langsung pertandingan sepak bola di layar televisi. Harga kontrak yang dibayarkan pun sebesar £ 1,575 milyar atau setara dengan Rp 28 trilyun dalam satu musim. Dikutip dari Bolasport.com, di Liga Premier musim yang baru saja berakhir ini, setiap tim yang ada di liga utama Inggris akan mendapatkan hak siar televisi sekitar £ 35,8 juta untuk tayangan lokal dan £ 41,2 juta untuk tayangan internasional secara merata.

 

Hak Siar Liga Jerman

Bayern München (source: The Star)

Setelah Liga Inggris, Bundesliga menempati urutan kedua dalam hal besarnya nilai kontrak hak siar pertandingan sepak bola. Pertandingan kasta tertinggi Liga Jerman ditayangkan di saluran Sky Deutschland dan EuroSport. Kedua saluran televisi ini terikat kontrak dengan Bundesliga senilai 1,1 milyar Euro.

 

Hak Siar Liga Italia

Juventus (source: Egypt Today)

Rupanya, Serie A berhasil mengalahkan La Liga dalam urusan besaran nilai hak siar pertandingan sepak bola. Bagaimana tidak? Untuk dapat menayangkan 380 pertandingan secara live ke seluruh dunia, perusahaan Sky Sport dan DAZN melakukan kerja sama dengan Serie A yang bernilai 973 juta Euro!

 

Hak Siar Liga Spanyol

Barcelona (source: PM News Nigeria)

Tahun ini merupakan tahun terakhir bagi Bein Sport untuk dapat menayangkan pertandingan Liga Spanyol. Nilai kontrak yang disepakati oleh kedua belah pihak sejak 2016 adalah sebesar 833 juta Euro, bersama dengan Movistar dan GOL. Namun berbeda dengan Liga Inggris yang selalu membagi rata hak siar televisi pada semua klub, La Liga terkesan tidak adil, karena memberikan bagian hak siar sebesar 35% kepada dua klub raksasa La Liga, yakni Real Madrid dan Barcelona. Hal itu menimbulkan kekecewaan dari klub lain. Namun kemudian terdapat perubahan regulasi dan tengah diupayakan agar tidak ada klub yang mendominasi dengan mendapatkan bagian lebih dari 20%.

 

Hak Siar Liga Indonesia

Shopee Liga 1 Indonesia (source: Bola)

Nilai penayangan pertandingan sepak bola Liga 1 cukup besar. Di dua musim lalu, saat TV One masih memegang hak siar Liga 1, nilai kontrak kerja samanya mencapai Rp 260 miliar. Sedangkan di musim kemarin dengan Indosiar yang memegang hak siar Liga 1, nilai kontrak diyakini berada di atas angka Rp 260 miliar. Sedangkan di musim yang baru saja dimulai pada tanggal 15 Mei lalu, hak siar dipegang oleh Emtek Group, yakni SCT, Indosiar, dan Vidio.com. Sebanyak 306 pertandingan akan disiarkan di sepanjang musim ini. Namun hingga saat ini, Animoku belum mendapatkan data resmi mengenai nilai hak siar Liga Indonesia 2019. Nah, menurut Sobat Nimo, berapakah nilai hak siar Liga Indonesia tahun ini?

Spesial untukmu...