Hal-Hal yang Harus Diperhatikan Klub Jelang Jendela Transfer Pemain Dibuka

Share

Halo Sobat Nimo!

Manchester City (Source: Sky News)

Kabar kurang baik datang dari Juara Liga Inggris musim ini, yakni Manchester City. Dikutip dari New York Times, Manchester City terancam tidak dapat mengikuti kompetisi tingkat Eropa musim depan. Hal itu dikarenakan City dianggap melanggar salah satu aturan Financial Fair Play. Setelah dokumen Football Leaks muncul dan diterbitkan oleh Der Spiegel bulan November 2018, City dianggap melakukan kecurangan untuk menutupi Financial Fair Play. Saat itu, pemilik klub memberikan dana pribadinya untuk klub melebihi batas yang ditentukan, dan dilakukan secara ilegal.

Nah, Sobat Nimo, apa sih Financial Fair Play ini? Lalu apa saja sih, yang harus dilakukan klub dalam menghadapi pembukaan jendela transfer musim panas ini?

 

Aturan Financial Fair Play

Aleksander ńĆeferin – Presiden UEFA sekarang (Source: The Star)

Financial Fair Play atau FFP adalah aturan yang dibuat pada tahun 2011, yang dicetuskan oleh Presiden UEFA saat itu, yakni Michael Platini. Aturan ini mewajibkan klub untuk dapat mengatur keuangan mereka secara benar dan sehat, dan bahkan menghasilkan untung, kalau bisa. Klub pun tidak boleh mengeluarkan dana terlalu besar untuk berbelanja pemain, karena keseimbangan antara pengeluaran dan pendapatan klub harus ada.

Tujuan ditegakannya aturan ini adalah selain menyelamatkan klub dari kebangkrutan, juga untuk menghindari ketimpangan yang terjadi dalam kompetisi, kalau-kalau ada sebuah klub yang membeli seluruh pemain terbaik yang ada. Batas defisit keuangan dari sebuah tim sendiri adalah 30-40 juta Euro.

Aturan ini juga melarang sang pemilik klub untuk mengeluarkan dana pribadi secara berlebih, untuk berbelanja pemain. Meskipun tentu ada pemilik klub yang rela mengeluarkan dana pribadinya, hal itu dibatasi dan tidak boleh lebih dari 10 juta Euro.

Nah, aturan inilah yang dilanggar oleh Manchester City, Sobat Nimo. Menurut dokumen Football Leaks, Sheik Mansour sang pemilik Manchester City, memberikan dana pribadinya melebihi batas tersebut. Dokumen itu menunjukkan bahwa terdapat pemberian dana sponsor dari Etihad Airways sebesar 60 juta Poundsterling. Rupanya, bagian sebesar 59,5 juta Poundsterling berasal dari saku Sheikh Mansour.

Sheikh Mansour (Source: The National)

Ini bukan kali pertama bagi City menerima hukuman dari UEFA terkait FFP. Sejak tiga tahun terakhir, City menjadi sasaran Tim Inverstigasi FFP. Sebab dalam tiga musim terakhir, uang sebesar 600 juta Euro telah dikeluarkan tim untuk berbelanja pemain. Bersama dengan klub Paris Saint Germain, kedua tim ini sudah mendapat teguran keras, hukuman denda, serta larangan bermain di Eropa. Namun pada akhirnya, City dan PSG lolos dari hukuman dan hanya membayar denda.

Karena masalah yang serupa ini, klub-klub besar seperti Atletico Madrid, Real Madrid, serta Barcelona, mendapat larangan transfer pemain dari UEFA. Klub-klub Turki yang juga terkena sanksi ini, seperti Besiktas dan Galatasaray, pun mendapatkan larangan bermain di kompetisi Eropa.

 

Aturan Batas Usia Pemain

Gianni Infantion – Presiden FIFA sekarang (Source: Sky Sports)

Selain aturan FFP, ada pula aturan transfer mengenai batas usia pemain yang boleh dibeli dari klub lamanya. Aturan ini diatur oleh FIFA, di mana seperti yang tercantum dalam Pasal 19, pemain di bawah usia 18 tahun tidak boleh ditransfer ke klub lain, tetapi dengan beberapa pengecualian.

Chelsea U18 (Source: Premier League)

Chelsea rupanya tengah terkena masalah mengenai aturan ini lho, Sobat Nimo! Klub ini telah melakukan transfer 29 pemain di bawah usia 18 tahun, sehingga Chelsea mendapat hukuman, yakni dilarang melakukan transfer pemain selama dua tahun. Hal ini tentu akan menyulitkan sang pelatih saat harus mencari sosok baru untuk mengisi tim musim depan. Namun saat ini, Chelsea tengah mengajukan banding. Nah kira-kira, banding mereka diterima atau tidak ya, Sobat Nimo?

 

Nah, itu dia aturan-aturan yang wajib diperhatikan oleh klub jelang jendela transfer pemain dibuka musim panas ini. Kira-kira, ada kejutan transfer dari siapa ya, Sobat Nimo?

Spesial untukmu...