Kejadian dan Fakta Unik tentang Ball Boy

Share

Halo Sobat Nimo!

Masih ingatkah kalian pada beberapa kejadian unik yang melibatkan ball boy di lapangan hijau? Atau ingatkah kalian pada peranan ball boy yang sigap memberikan bola ke Trent Alexander-Arnold yang membantu kemenangan Liverpool atas Barcelona di Anfield pada Semi Final Liga Champions kemarin?

Nah, kali ini, Animoku akan mengupas beberapa fakta unik tentang ball boy. Ayo kita mulai!

 

Ball Boy dan Akademi Klub

Ball Boys Fulham FC (source: Fulham FC)

Ball boy adalah seseorang yang menjadi bagian dari perangkat pertandingan, yang bertugas untuk memberikan bola kepada pemain dan mengambilkan bola untuk pertandingan yang sedang berlangsung. Maka tak heran jika kita bisa melihat kurang lebih 4-6 orang ball boy yang sigap di tepi lapangan, dalam sebuah pertandingan sepak bola yang diselenggarakan di lapangan yang luas. Sebagian besar klub penyelenggara pertandingan memanfaatkan ball boy yang berasal dari akademi mereka. Tentu merupakan kebanggaan tersendiri bagi mereka saat mendapatkan kesempatan untuk ambil bagian dalam pertandingan-pertandingan besar.

 

Pemain Bintang yang Pernah Menjadi Ball Boy

Pep Guardiola (kiri) saat Masih Menjadi Ball Boy (source: Daily Mail)

Siapa sangka kalau pemain-pemain terkenal seperti Philipp Lahm, Mateo Kovacic, Arda Turan, hingga Trent Alexander-Arnold, pernah terbidik kamera saat sedang menjadi ball boy sebuah pertandingan. Bahkan yang paling menarik adalah foto Pep Guardiola yang pernah menjadi ball boy bersama klub sejak kecilnya, Barcelona.

 

Sering Berselisih dengan Pemain dan Pelatih Tamu

Sepenggal Momen Pelanggaran Eden Hazard terhadap Ball Boy (source: Express)

Masih ingatkah Sobat Nimo dengan kejadian yang melibatkan Eden Hazard dan seorang ball boy pada Semi Final Piala Liga 2013? Dalam pertandingan tersebut, Chelsea sedang tertinggal agregat 2 gol dan mereka harus segera melakukan serangan ke gawang Swansea. Saat itu, sang ball boy dianggap mengulur waktu, sehingga Hazard jengkel. Pemain asal Belgia itu pun menendang bola yang sedang dipeluk ball boy. Alhasil, Hazard mendapatkan hadiah kartu merah akibat perlakuan tersebut. Hal serupa pun pernah dirasakan oleh pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, yang sempat berselisih dengan penuh emosi karena tepukan tangan ball boy usai pertandingan tandang ke markas Everton.

 

Mencetak Gol dan Menjadi Penjaga Gawang

Ilustrasi Tendangan ke Gawang (source: Helping Kids)

Terkadang, perilaku ball boy melewati batas. Yang biasanya para ball boy ini hanya bertugas memberikan bola saat bola keluar lapangan pertandingan, beberapa ball boy ini malah melakukan tindakan layaknya pemain dalam suatu pertandingan. Bahkan ada yang mencetak gol atau menghalangi terjadinya sebuah gol. Wah, tim lawan pasti kesal ya, Sobat Nimo!

 

Membantu Tim Kandang

Trent Alexander-Arnold (source: Ronaldo)

Momen yang menunjukkan kesigapan para ball boy dalam memberikan bola kepada pemain terjadi beberapa kali, seperti kejadian tendangan sudut Trent Alexander-Arnold contohnya. Ada pula gol dari Harry Kane yang terbantu karena kesigapan ball boy, sehingga permainan tetap ada pada tempo yang cepat.

 

Nah itu dia fakta serta kejadian unik ball boy yang telah dirangkum oleh Animoku. Kira-kira, momen bersama ball boy mana yang menjadi favorit Sobat Nimo?

Spesial untukmu...