Ritual Aneh Inzaghi Sebelum Bertanding

Share
Inzaghi

Filippo Inzaghi

Animoku – Sobat Nimo, dunia sepakbola seakan tidak ada habisnya mencuri perhatian publik. Karenanya, tak heran jika olahraga ini menjadi yang terfavorit di seluruh dunia.

Animoku tahu akan kebutuhan kalian yang haus akan informasi seputar lapangan hijau, beserta segala keunikannya. Meskipun liga – liga kesayangan kalian sudah berakhir musim ini, bukan berarti cerita tentang si kulit bundar berakhir bukan?

Nah, jika kita berbicara Indonesia, negeri beribu pulau ini dikenal dengan masyarakatnya yang ramah, tutur budaya yang sopan, dan nilai adat istiadat yang masih dipertahankan hingga saat ini, termasuk ritual – ritual keagamaan maupun aliran kepercayaan, diantaranya ritual ma’ nene di tanah toraja.

Setiap tiga tahun sekali, masyarakat setempat melakukan kegiatan membongkar kuburan leluhur mereka, lalu membersihkan tulang beluangnya, mengenakannya pakaian, dan meletakkannya di rumah selama beberapa hari. Berdasarkan mitos, maksud dan tujuan adanya rutinitas semacam ini adalah agar anak keturunan bisa mengenal siapa kakek – nenek, ataupun sanak saudara yang telah meninggal, disamping untuk mengenang kembali masa hidup para pendahulu.

Lantas apa hubungannya sama sepakbola?

Ternyata kemajuan dunia barat terutama di Eropa pasca renaisans, tidak menghilangkan mitos – mitos, bahkan cenderung menjadi ritual unik bagi penduduknya, tak terkecuali orang yang bergelimang harta dan prestasi, seperti sejumlah bintang pengolah si kulit bundar ternama.

Mantan bek Manchester United, Gary Neville misalnya, memiliki ritual tak mau mengganti krim aftershave-nya, jika pertandingan berakhir sesuai apa yang ia harapkan.

Lain lagi Nacho Monreal dan David Ospina, juga punya beberapa ritual ganjil dan bahkan berbau takhayul, yakni selalu menginjakkan kaki kanan lebih dulu saat hendak beretanding masuk ke lapangan. Sedangkan Ospina menelefon keluarga jelang laga, agar bisa menenangkan diri.

Menoleh satu generasi ke belakang, tidak disangka legenda satu ini diakui melakukan ritual unik sebelum bertanding, dijuluki sebagai raja anti offside. Malah salahsatu pelatih pernah memuji sambil mengejek, atlet ini sebetulnya tidak bisa bermain bola, hanya saja ia selalu berada di posisi yang tepat untuk mencetak gol. Dialah Filippo Inzaghi.

Dilansir UEFA.com, Andrea Pirlo dalam bukunya “I Think Therefore I Play”, membeberkan satu ritual “menijikkan” yang sering Filippo Inzaghi lakukan menjelang laga. Sebuah ritual yang kemudian memunculkan istilah “Poopo Inzaghi”.

Tindakan tersebut diyakini dapat membawa keberuntungan, bahkan kemenangan. Pirlo mengungkapkan bahwa Inzaghi pasti buang air besar sangat banyak sebelum pertandingan dimulai, dan pergi ke toilet tiga sampai empat kali dalam 10 menit.

Mungkin apa yang dibuat Inzaghi merupakan hal biasa bagi dirinya, akan tetapi apakah juga bagi rekan setimnya. Kalau Sobat Nimo punya teman kayak gini, kira – kira betah gak ya?

Bagaimana pun, perilaku keseharian melekat pada diri masing – masing individu. Namun karena saking seringnya terjadi, hal tersebut menjadi ritual. Entah itu membawa hoki atau tidak, tapi yang pasti secara kebetulan, kadang – kadang perilaku aneh yang dikerjakan berdampak keberhasilan.

Selain buang hajat, aktivitas aneh striker legenda AC Milan itu juga sering memakan biskuit balita secara diam – diam, dan menyisakannya dua buah di dalam kotak. Tidak diketahui pasti mengapa Pipo melakukannya.

Jika disaksikan dalam pertandingan – pertandingan yang telah digelutinya, tampak Filippo kerap mendapatkan posisi strategis untuk menyarangkan gol ke gawang lawan, baik melalui kaki maupun sundulan kepalanya, kendati bintang yang pernah berseragam Juventus ini dikenal tidak memiliki kecepatan diatas rata – rata dan skil kontrol bola yang cukup buruk.

Hmmm… ada – ada saja ya…

Kalau kalian gimana nih Sobat Nimo, kira – kira punya ritual unik nggak yang membawa keberuntungan dalam hidup kalian?

Dany Putra

Intuiting Introvert. Copy Writer. Winning Eleven Maniac era 99 - 2000-an. Menggemari Claudio Lopez & Fernando Torres.

Spesial untukmu...